Pengertian Content Placement dan Manfaatnya bagi Website Bisnis

  • Whatsapp

Pengertian content placement atau penempatan konten, salah satu strategi pemasaran online terkait reputasi bisnis dan SEO website.

Pengertian Content Placement

Konten adalah raja (content is king). Ungkapan ini merujuk pada fakta situs web dan perusahaan dengan konten terbaik berhasil membangun audiens online. Salah satunya melalui content placement.

Konten akan selalu menjadi raja, tulis Forbes. Konten dengan cepat bergerak melewati pemasaran dan menjadi bagian dari teka-teki yang merupakan cara orang berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka.

Sebagai “raja”, konten saat ini memiliki banyak “keturunan”, mulai dari pembuat konten (content creator), penulis konten (content writer), editor konten (content editor), manajemen konten (content management), pemasaran konten (content marketing), hingga penempatan konten (content placement).

Berikut ini ulasan tentang pengertian content placement.

Baca Juga

Pengertian Content Placement

Content placement merupakan salah satu tren strategi pemasaran dalam bisnis online sekaligus praktik SEO website terkini. Praktisi humas dan marketing harusnya sudah memahami tren penempatan konten ini dalam digital marketing.

Secara bahasa, content placement terdiri dari dua kata, content dan placement.

Content (konten) adalah informasi yang disediakan oleh situs web atau media elektronik lainnya. Placement artinya penempatan. Dengan demikian, secara bahasa, content placement artinya penempatan konten.

Secara istilah dan praktis, content placement adalah publikasi konten berupa artikel di website atau blog orang lain untuk membangun reputasi online dan backlink.

Dalam artikel ini ada tautan (link) yang mengarah ke website sendiri sehingga menjadi backlink (link yang mengarah ke website kita) sebagai salah satu faktor SEO penting sebuah web.

Content Placement ini identik dengan advertorial, paid post, dan sponsored post. Ciri utama artikel content placement adalah adanya link yang mengarah pada brand, produk, atau website tertentu.

Tujuan dan Manfaat Content Placement

Content placement merupakan strategi membangun reputasi, pemasaran, sekaligus link building (membangun backlink) yang sangat penting dalam SEO website bisnis atau lembaga.

Saat ini, banyak lembaga atau perusahaan yang melaksanakan model promosi content placement. Targetnya para blogger dan/atau influencer.

Tidak seperti iklan display (banner) yang kurang disukai pengguna internet, content placement lebih ramah pengguna (user friendly) karena konsep penyajiannya berupa artikel sehingga tidak terkesan sebagai iklan.

Banyak perusahaan atau pemasang content placement bahkan tidak menyebut brand produk atau merekomendasikan pembaca agar membeli secara langsung.

Contoh Content Placement

Sebuah kafe bernama “Kopi Dukun” memiliki website. Agar websitenya mendapatkan backlink, admin web atau staf digital marketingnya membuat artikel tentang “Manfaat Minum Kopi”.

Nah, dalam artikel itu ada kata atau frasa sebagai anchor text berisi link ke website Kopi Dukun. Bisa juga, di bagian akhir artikel, disebutkan, misalnya, salah satu tempat ngopi paling asyik di Kota Bandung adalah kafe Kopi Dukun –lengkap dengan alamat dan nomor telepon.

Contoh content placement “beneran” ada di blog ini. Salah satunya postingan tentang Browser Terbaik. Apakah Anda bisa menemukan sebuah link sponsor di artikel itu?

Jika Anda memiliki website pribadi, dan akan membangun backlink buat web Anda itu, maka Anda bisa membuat artikel tentang website.

Di dalamnya Anda bisa cantumkan link, dalam anchor text “contoh website pribadi”, lalu publikasikan artikel tersebut di website orang lain. Tentu saja, Anda harus membayar biaya content placement.

Pastikan konten yang dibuat unik, orisinal, dan tidak mengandung unsur plagiarisme. Konten plagiarism tidak disukai oleh pihak Google. Hindari juga konten copy paste.

Jasa Content Placement

Saat ini banyak bisnis jasa content placement, yaitu layanan penempatan konten yang bisa membantu Anda membangun tautan kembali (backlink) ke situs web Anda sendiri.

Mereka dapat menulis dan menempatkan artikel blog di berbagai blog eksternal, yang berisi backlink ke situs Anda sendiri. Seiring waktu, content placement ini meningkatkan peringkat (ranking) di mesin pencari.

Sangat penting untuk menggunakan penempatan konten dengan hati-hati dan Anda mungkin ingin mempertimbangkan layanan jasa content placemen ini sebagai bagian dari strategi SEO yang lebih luas.

Namun, ini juga berguna untuk kampanye satu kali, atau untuk melengkapi pekerjaan di tempat yang Anda lakukan sendiri. Penyedia jasa juga dapat membantu Anda dengan distribusi siaran pers ke berbagai situs web populer.

Biaya penempatan konten tergantung pada kualitas blog yang diposting juga. Ini diukur dengan menggunakan metrik SEO umum dari Otoritas Domain (DA).

Sekali lagi, penting untuk berhati-hati dalam cara Anda memposting konten ke sebuah web eksternal. Ini tidak selalu tentang memasukkan semua posting Anda ke blog dengan kualitas terbaik, karena hal ini dapat terlihat tidak wajar di mesin pencari.

Pendekatan terbaik untuk penempatan konten eksternal dapat sangat bervariasi tergantung pada situasi SEO Anda saat ini, usia, dan jenis situs web Anda, dan jenis hasil yang ingin Anda capai.

Anda bisa mendiskusikan, bagaimana content placement dapat membantu bisnis Anda, dengan pihak jasa content placement.

Itu dia pengertian content placement. Blog ini juga menerima content placement. Klik aja menu Kontak.*

 

Artikel Terkait

Leave a Reply