Pengertian Komunikasi Multimedia, Jenis-Jenis, dan Karakteristik

  • Whatsapp

Berkat kecanggihan teknologi komunikasi dan informasi, kini kita berkomunikasi dengan beragam cara. Kehadiran komputer, kamera, dan internet melahirkan jenis komunikasi multimedia. Berikut ini pengertian komunikasi multimedia, jenis-jenis, dan karakteristiknya.

Komunikasi Multimedia

KOMUNIKASI adalah proses penyampaian pesan. Media artinya alat, saluran, atau sarana. Multimedia artinya “banyak media” atau “banyak sarana/alat” yang digunakan untuk menyimpan informasi atau pesan.

Multimedia dapat mengembangkan kemampuan indera dan menarik perhatian serta minat. Computer Technology Research (CTR) menyatakan, orang hanya mampu mengingat 20% dari yang dilihat dan 30% dari yang didengar, tetapi mengingat 50% dari yang dilihat dan didengar serta 80% dari yang dilihat, didengar, dan dilakukan sekaligus.

Melalui perkembangan teknologi, orang berkomunikasi dalam berbagai cara melalui multimedia. Istilah “multimedia” sendiri dapat memiliki banyak bentuk, tetapi selalu berkaitan dengan cara komputer menyajikan elemen yang berbeda.

Multimedia adalah umum di berbagai jenis situs web dan jika Anda menggunakan komputer, Anda menggunakan komunikasi multimedia setiap hari.

Pengertian Komunikasi Multimedia

Pengertian komunikasi multimedia adalah penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Multimedia merupakan konsep dan teknologi baru bidang teknologi komuniksi dan informasi. Informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam komputer untuk disimpan, diproses, dan disajikan baik secara linier maupun interaktif.

Secara bahasa, menurut KBBI Daring, multimédia artinya:

  • berbagai jenis sarana: usaha pembangunan untuk — dunia komunikasi, pendidikan, dan sebagainya mendapat prioritas utama;
  • penyediaan informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafika, animasi, dan teks.

Menurut Vocabulary,  multimedia adalah transmisi yang menggabungkan media komunikasi (teks dan grafik dan suara dll). Multimedia adalah sistem penyampaian informasi atau hiburan yang mencakup berbagai bentuk komunikasi.

Multimedia mungkin termasuk video, klip audio, dan foto, misalnya. Kehadiran online surat kabar juga dapat menggunakan multimedia, yang menggabungkan grafik, suara, dan animasi.

Kata itu sendiri, kadang-kadang dieja dengan tanda hubung sebagai multi-media, telah digunakan sejak 1962, dari multi- atau many yang berakar dari bahasa Latin multus, “many atau much;” dan media, bentuk jamak dari media, atau “sistem komunikasi”.

Laman Reference mendefinisikan komunikasi multimedia sebagai komunikasi yang melibatkan menampilkan informasi dalam berbagai format media. Gambar, video, audio, dan teks semuanya adalah bagian dari komunikasi multimedia.

Karakteristik Komunikasi Multimedia

Komunikasi multimedia memiliki karakteristik tertentu yang menjadikannya berbeda dengan jenis komunikasi lainnya.

Berikut ini karakteristik komunikasi multimedia:

  1. Pesan atau informasi disajikan dalam bentuk digital
  2. Penyajian pesan dapat dikontrol melalui komputer
  3. Komunikasi dapat dilakukan secara interaktif
  4. Dapat disimpan dan dilihar berulang – ulang (replay)
  5. Proses komunikasi berjalan secara sistematis dan terintergrasi.

Elemen Komunikasi Multimedia

elemen komunikasi multimedia

Multimedia terdiri dari berbagai elemen seperti suara, gambar, animasi dan teks. Dalam perancanganya secara tidak langsung, pengguna dituntut untuk dapat menguasai program pengolah elemen tersebut.

1. Teks

Teks merupakan elemen dasar dari aplikasi multimedia. Teks merupakan kumpulan huruf, angka, dan simbol tertentu yang dapat merepresentasikan data seperti nama dan nilai. Format: txt (text).

2. Gambar

Gambar merupakan data bersifat nonkarakter yang terbentuk dari suatu jaringan (grid) titik–titik yang sangat kecil.

Gambar atau image dibagi dua, yaitu Gambar Bitmap dan Gambar Vector.

Gambar Bitmap adalah gambar yang menggunakan grid/matrik warna yang disebut dengan pixel untuk merepresentasikan kembali gambar di layer monitor.

Gambar berpola bitmap sangat bergantung kepada tingkat kerapatan pixel (resolusi). Oleh karena itu, gambar bitmap berisikan jumlah pixel tertentu. Jika gambar bitmap diperbesar melebihi batas jumlah maximal tingkat resolusinya, maka akan timbul jagged atau berundak yang mengakibatkan gambar tersebut terlihat pecah.

Format: Jpeg, Tiff, Bmp, PNG dll

Gambar Vektor adalah gambar yang di bentuk dari sekumpulan garis lurus dan garis lengkung (kurva). Menggunakan perhitungan geometri ( posisi x dan y ).

Gambar vector tidak bergantung pada tingkat resolusi, oleh karna itu gambar vector bisa di per­besar atau di perkecil tanpa mempengaruhi kualitas dari gambar tersebut. Format : Ai, Fh, Cdr dll

3. Suara

Suara (audio/sound) merupakan suatu gelombang (sinyal) analog berbentuk sinusoidal. Untuk pemakaian dalam komputer, gelombang tersebut diubah menjadi sinyal digital dan disimpan dalam bentuk data didalam komputer Format : Wave, Mp3, Midi, WMAdll

4. Animasi dan Video

Animasi merupakan sekumpulan gambar yang dibuat bergerak dalam satu satuan waktu ( second). Format : Gif, Swf, Dat, Mpeg, Avi, Mov, dll.

Jenis-Jenis Komunikasi Multimedia

Komunikasi multimedia di bagimenjadi dua kategori.

1. Komunikasi Multimedia Online.

Menggunakan suatu cyberspace berupa dunia maya (internet) dan satelite (TV). Para pengguna multimedia terhubung dengan suatu jaringan yang luas (world) yang tergabung dalam suatu wadaht ertentu. Contoh: website, satelite TV.

2. Komunikasi Multimedia Offline.

Menggunakansuatu cyber space yang lebihkecil, sep­erti personal komputer dan CD. Para pengguna multimedia terhubung dengan suatu jarin­gan lokal (terbatas) dan medianya bisa dibawa (dipindahkan). Contoh: Company Profile dalam bentuk CD Multimedia Interaktif.

Menurut Techwalla, jenis-jenis komunikasi multimedia sebagai berkut:

1. Komunikasi Teks

Komunikasi teks mencakup berbagai bentuk dan merupakan salah satu bentuk komunikasi multimedia yang paling umum dalam aktivitas sehari-hari pengguna komputer.

Komunikasi teks mencakup area penggunaan Internet seperti membaca situs web, membaca dan menulis pesan email, dan perpesanan instan. Komunikasi teks juga merupakan bentuk komunikasi multimedia tertua, karena komputer pertama hanya menampilkan teks.

2. Komunikasi Gambar

Meskipun gambar mungkin tampak bukan sebagai bentuk komunikasi dengan cara yang sama seperti teks sebagai bentuk komunikasi, itu adalah bentuk komunikasi multimedia yang sah yang dinikmati banyak pengguna setiap hari.

Contohnya termasuk menjelajahi album foto online, membuka dan melihat gambar yang dilampirkan ke email dan melihat foto yang menyertai berita di situs web berita.

3. Komunikasi Audio

Bentuk umum komunikasi multimedia berbasis web adalah komunikasi audio. Format ini melibatkan penerimaan pesan melalui format audio, seperti mendengarkan stasiun radio online atau memainkan file musik.

Jika Anda menggunakan Internet untuk mengalirkan siaran stasiun radio, misalnya, Anda terlibat dalam bentuk komunikasi audio.

Komunikasi audio sering kali digabungkan dengan bentuk komunikasi lainnya. Tayangan slide, misalnya, dapat menampilkan teks, gambar, dan audio secara bersamaan.

4. Komunikasi Video

Sesuai dengan namanya, komunikasi video merupakan salah satu bentuk komunikasi melalui video. Hal ini umum terjadi di banyak situs web, termasuk YouTube dan situs web stasiun televisi.

Sejak Internet berkecepatan tinggi telah menjadi umum, komunikasi video telah meningkat karena pengguna dapat mengakses bentuk komunikasi ini. Jenis komunikasi video termasuk file .AVI, MPEG, WMV dan QuickTime.

Efektivitas komunikasi multimedia

Komunikasi ini memiliki kemampuan untuk mengakses informasi secara up to date serta memberikan informasi lebih dalam dan lebih banyak.

Efektivitas komunikasi multimedia lainnya antara lain:

  1. Menjadi media alternatif dalam penyampaian pesan dengan diperkuat teks, suara, gambar, video, dan animasi.
  2. Menarik perhatian dan minat karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan
  3. Bersifat multisensorik karena banyak merangsang indra, sehingga dapat mengarah ke perhatian dan tingkat retensi yang baik.
  4. Lebih Komunikatif & Interaktif. Informasi yang disajikan menggunakan gambar dan animasi sehingga lebih mudah dipahami dan terdapat umpan balik dari orang lain walaupun menggunakan media
  5. Lebih leluasa menuangkan kreativitas. Pengembang multimedia atau multimedia designer atau author dapat menuangkan kreativitasnya supaya informasi dapat lebih komunikatif, estetis, dan ekonomis sesuai kebutuhan. Hal ini bisa dilakukan karena perangkat lunak multimedia menyediakan tools.

Selain itu, perkembangan organisasi, lingkungan, ilmu pengetahuan teknologi, dan lainlain berpengaruh terhadap informasi.

Dalam multimedia, semua informasi disimpan dalam komputer. Informasi itu bisa diubah ditambahkan, dikembangkan, atau digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Demikian Pengertian Komunikasi Multimedia, Jenis-Jenis, dan Karakteristiknya. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Referensi 

  • Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangannya. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  • Munir. 2012. Multimedia: Konsep & A plikasi dalam Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta
  • Bina Nusantara. 2005. Prinsip – prinsip Dasar Multimedia Interaktif

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *