Pengertian Penyiar Radio

  • Whatsapp

dasar-dasar siaran radioApa pengertian penyiar radio?

Penyiar Radio (Radio Announcer, Radio Broadcaster, Radio Presenter, Radio DJ, Radio Host, Radio Personality) adalah orang yang membawakan acara di radio.

Penyiar merupakan ujung tombak stasiun radio. Ia mewakili radio. Ia berinteraksi langsung dengan pendengar.

Baik-buruk siarannya –bahkan perilakunya—berpengaruh terhadap reputasi atau baik-buruk dan integritas radionya.

Itulah sebabnya, penyiar disebut juga radio personality –keperibadian radio.

Baca Juga

Sukses tidaknya sebuah acara (radio program) ditentukan oleh penyiarnya.

Per definisi, penyiar radio adalah seorang penampil yang melakukan pekerjaan penyiaran, menyajikan produk komersial, menyiarkan berita/informasi, akting sebagai pembawa acara atau pelawak, menghendel olah raga, pewawancara, diskusi, quiz dan narasi.

Pengertian Penyiar Radio

Dalam bahasa Inggris, penyiar disebut announcer (arti harfiyah: orang yang mengumumkan). Penyiar radio memang mengumumkan atau menginformasikan judul lagu, penyanyi, tips, dan materi siaran lainnya di ruang siaran.

  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penyiar radio adalah orang yang menyiarkan atau penyeru pada radio.
  2. Penyiar radio adalah seorang yang bertugas menyebarkan (syiar) suatu atau lebih informasi yang terjamin akurasinya dengan menggunakan radio dengan tujuan untuk diketahui oleh pendengarnya, dilaksanakan, dituruti, dan dipahami. (M. Habib Bari).
  3. Penyiar radio adalah “a person who make announcements over the radio” (orang yang memberitahukan/mengumumkan sesuatu melalui radio). (Thorndike dan Barnhart).
  4. Penyiar radio adalah orang yang menyajikan materi siaran kepada para pendengar. (Prof. Onong Uchjana Effendy).

Penyiar radio juga disebut DJ (Disk Jockey), yakni perangkai lagu, karena ia menyajikan lagu-lagu dan “bersuara” sebagai “link” atau perangkai antarlagu. Penyiar juga sering disebut host (tuan rumah), yakni tuan rumah atau pemandu acara di radio.

Suara dan pembicaraan penyiar –jika “pas” dengan lagu-lagu yang diputar– akan menambah kenikmatan pendengar dalam mendengarkan lagu.

Cara Menjadi Penyiar Radio

Bagaimana cara menjadi penyiar radio?

Untuk menjadi penyiar radio, pastikan dulu Anda suka musik, senang lagu, suka bergaul, luwes, sociable alias mudah bergaul, dan “suka ngomong”.

Soal suara, minimal memiliki suara standar, nanti akan dibentuk menjadi “golden voice”, suara emas, merdu, mendayu, hangat, akrab, dan bersahabat dengan format acara siaran yang dibawakan.

Jika merasa sudah memenuhi kualifikasi atau syarat utama menjadi penyiar radio tadi, langkah praktisnya adalah ikut kursus penyiar radio, masuk/kuliah di jurusan broadcasting, dan manfaatkan radio komunitas atau radio kampus.

Dari sanalah jalan menuju karier atau profesi penyiar radio. Anda akan kenal dengan penyiar sekaligus lowongan jadi penyiar.

Bagaimana cara siaran radio yang baik dan menarik? Baca saja: Cara Siaran Radio.

Di laman IDN Times, ada tulisan tentang lima alasan kenapa menjadi seorang penyiar radio itu menyenangkan dan asyik.

  1. Semakin berpengetahuan luas
  2. Mengasah dan melatih diri terampil dalam berkomunikasi
  3. Semakin banyak teman dan jaringan baru
  4. Menghibur pendengarnya
  5. Update tentang perkembangan terbaru

Demikian pengertian penyiar radio. Mau tau asyikanya jadi penyiar radio atau atau cara menjadi penyiar radio? Bca saja buku Jadi Penyiar Itu Asyik Lho! Wasalam. (www.romeltea.com).*

jadi penyiar itu asyik

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments

  1. mas ada pengertian penyiaran menurut para ahli gak? saya butuh bangetne, buat bahan skripsi tapi dari tahuan dua2000 keatas? saya ketemunya tahun 1994, saya pelunya
    tahun 2000 keatas

  2. Semenjak saya terjun di duni penyiaran saya merasa lebih berguna bagi banyak orang,,,terutama masyarakat dan pendengar setia radio andalas fm kerinci,,,,,,,,,,,,,,
    terimakasih pencerahannya kang Romel.
    salam kenal.