Pelatihan Komunikasi Jurnalistik dan Podcast STIKES Budi Luhur

  • Whatsapp

Pelatihan Komunikasi Jurnalistik dan Podcast STIKES Budi Luhur

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Budi Luhur Cimahi mengelar launching website marketing Kampus Hebat, Senin (15/3/2021).

Website ini merupakan penerapan jurnalisme korporat (corporate journalism) kampus tersebut untuk memaksimalkan digital marketing dengan content marketing yang beragam. Web tersebut mendukung website utama kampus.

Setelah launching, diadakan pelatihan komunikasi jurnalistik dan podcast. Saya dipercaya menjadi pemateri.

Dalam waktu sekitar dua jam, saya harus menyampaikan materi sekaligus “training” tentang penulisan artikel dan podcasting.

Dalam waktu hanya 2 jam saya harus sampaikan dua materi itu, dari jam 10.00 hingga 12.00 WIB. Tepaksa, materi dipadatkan dan fokus ke teknis.

Baca Juga

Saya awali pembahasan tentang pengertian nama pelatihan: Pelatihan Komunikasi Jurnalistik dan Podcast. Saya bilang, komunikasi jurnalistik adalah penyampaian pesan ala wartawan, dalam hal ini membuat karya jurnalistik jenis artikel opini.

Cara Menulis Artikel

Hakikat dan tujuan menulis adalah komunikasi, yakni mengomunikasikan pesan (ide, gagasan, pemikiran) kepada pembaca. Menulis artikel adalah komunikasi tulisan.

Artikel adalah salah satu jenis karya jurnalistik, selain berita dan feature.

Secara ringkas dan “cepat”, saya berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang cara menulis artikel dengan sekitar seratusan peserta yang hadir secara daring (online) dan luring (offline).

Saya sampaikan enam langkah menulis artikel sebagai berikut:

  1. Ide > Tema > Judul Tulisan
  2. Referensi > Pengembangan Ide biar tidak mandeg saat menulis.
  3. Outline
  4. Free Writing
  5. Rewriting
  6. Editing

Untuk bisa menulis artikel, harus ada niat, yaitu keinginan untuk menulis. Willingness to write. Ada niat pasti ada jalan. Setelah itu harus ada pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca –gagasan, pemikirna, analisis, dsb.

Artikel ditulis dalam struktur tulisan sebagai berikut:

  1. Judul Tulisan
  2. Nama penulis
  3. Pendahuluan
  4. Bridge atau identifikasi masalah
  5. Pembahasan dalam subjudul
  6. Penutup.

Cara Membuat Podcast

Soal podcasting, saya jelaskan pengertian podcast dan teknis pembuatannya. Secara teknis, membuat podcast itu meliputi hal-hal sebagai berikut:

  1. Speaking
  2. Recording
  3. Editing
  4. Uploading
  5. Publishing
  6. Promoting

Berbicara layaknya penyiar atau orator adalah inti podcast. Podcast itu seperti siaran radio, yakni siaran kata.  Podcaster membicarakan sebuah topik tertentu secara monolog, wawancara (interview), atau obrolan (conversation).

Monolo, wawancara, dan obrolan adalah format utama podcast. Terpopuler wawancara dengan mengundang narasumber.

Saya sampaikan salah satu platform podcast adalah Spotify. Untuk membuat podcast kita bisa gunakan aplikasi Anchor, baik di HP maupun di komputer. Tinggal berbicara, rekam, edit, dan publikasikan!

Biasanya, pelatihan berlangsung sehari, 09.00-15.00 WIB, untuk satu pelatihan. Dengan waktu yang cukup, peserta bisa praktik langsung.

Namun, karena sifatnya “bonus” launching website marketing, maka pelatihan kali ini hanya sebatas pengenalan (introduction). Semoga saja peserta memahami dan ada pelatihan lanjutan yang lebih fokus. Wasalam.

 

Artikel Terkait

Leave a Reply