Romeltea Online

Visi, Misi, dan Manajemen Perkuliahan Jurusan Jurnalistik

Oleh ASM. Romli

Bidang studi Jurnalistik mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan dunia kewartawanan termasuk di dalamnya adalah pengelolaan dan pendayagunaan media massa, baik media cetak, elektronik, maupun media online.

Reformasi membawa dampak terhadap perkembangan media nasional. Era keterbukaan memberi peluang bagi menjamurnya media cetak, elektronik, dan (terutama) media online. Penambahan jumlah media membutuhkan tenaga – tenaga profesional di bidang jurnalistik baik sebagai wartawan, editor, maupun manajemen (produksi, marketing).

Bidang Studi Jurnalistik lebih menekankan pada berbagai aspek yang meliputi perkembangan, proses, dampak, dan pengelolaan serta pendayagunaan media. Pengetahuan dan keterampilan yang diberikan di bidang ini tidak saja menyangkut aspek-aspek teoritis, tapi juga menyangkut aspek teknis atau keterampilan jurnalistik (j-skill).

Dengan memberikan perhatian pada aspek ilmu dan teknis jurnalistik tersebut, diharapkan para lulusan bidang studi jurnalistik mempunyai kemampuan akademis yang profesional di bidangnya. Dengan demikian para lulusan/sarjana Jurnalistik akan dapat mengaplikasi-kan ilmunya baik dalam hal produksi (penulisan dan perencanaan), penelitian, dan pengelolaan media.

Jurnalistik Kampus Islam

Bagi kampus atau Perguruan Tinggi Islam, jurusan jurnalistik harus bernilai plus, yakni plus visi-misi Islami. Tujuan perkuliahan jurnalistik di kampus Islam hendaknya:

  • Memberdayakan umat Islam di bidang jurnalistik.
  • Mengembangkan syi’ar Islam melalui dakwah di media massa.
  • Menggali potensi umat Islam untuk melakukan dakwah di media massa.
  • Mempersiapkan dan membina kader-kader jurnalis dakwah yang andal, minimal mampu menggerakkan buletin jumat di masjid-masjid.
  • Mendorong lahirnya media massa Islam, paling tidak dalam bentuk buletin masjid (buletin jumat).
  • Memberikan wawasan dan keterampilan jurnalistik, berupa penulisan berita, feature, artikel, resensi, dan pengelolaan buletin masjid.
  • Memberikan bekal wawasan dan keterampilan agar mampu menjadi “pengawal” pemberitaan yang proporsional dan tidak bias tentang Islam dan kaum Muslim.

Media Praktik Mahasiswa Jurnalistik

Jurnalistik itu ilmu terapan (applied science). Karenanya, perkuliahan jurnalistik mesti “full” praktik untuk mengasah keterampilan jurnalistik (j-skill) mahasiswa. Sarana praktik “wajib” disediakan oleh manajemen jurusan, seperti ruang multimedia.

Jurnalistik adalah ilmu terapan (applied sience) sekaligus seni (art) dan keterampilan (skill) yang membutuhkan medium pelatihan sebagai sarana pengembangan dan pengasahan keterampilan tersebut.

Seluruh mahasiswa jurnalistik wajib memiliki blog sejak tahun pertama kuliah. Di blognya masing-masing, mereka bisa memposting resume perkuliahan, berita yang mereka buat sendiri, dan artikel atau sekadar komentar ringkas atas peristiwa aktual.

Perkuliahan mahasiswa jurnalistik harus ditunjang oleh sarana praktik untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan teknik jurnalistik sehingga mahasiswa lulusan jurnalistik akan “siap pakai” (ready to work). Idealnya, selain blog atau situs khusus untuk menampung karya jurnalistik mahasiswa, jurusan jurnalistik menerbitkan media konvensional seperti tabloid atau suratkabar (media cetak).

Selain sebagai media praktik, penerbitan media praktik juga berfungsi untuk mengasah nalar dan kritisisme mahasiswa, sekaligus sarana ekspresi idealisme mahasiswa dalam lingkungan kampusnya (Pers Kampus).

Penerbitan media praktik otomatis sangat menunjang pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) karena mahasiswa tidak hanya berkutat di bangku kuliah untuk mendalami konsep-teoritis, namun juga langsung mempraktikkannya di lapangan untuk memupuk kompetensi mereka sebagai jurnalis.

Media praktik itu bermisi sebagai media pelatihan sekaligus media ekspresi mahasiswa untuk mengkritisi fenomena yang terjadi di sekitarnya secara objektif, proporsional, ilmiah, santun, dan elegan.

Selain itu, misi media praktik ini sebagai penunjang sistem perkuliahan berdasarknan sistem KBK, mencetak lulusan jurnalistik yang “siap pakai” dan bersaing di dunia kerja, juga sebagai media informasi dan komunikasi harmonis dan efektif antar mahasiswa jurnalistik, organisasi mahasiswa jurusan, lembaga jurusan, dan dosen.

Mata Kuliah

01. Dasar-Dasar Jurnalistik

Memberikan pengetahuan teoritis mengenai ikhwal dunia jurnalistik khususnya kewartawanan.Pengetahuan yang diberikan meliputi cara kerja wartawan (radi,televisi,dan surat kabar, kaidah-kaiadah penulisan jurnalistik dan sejarah perkembangan jurnalistik.

02. Hukum & Etika Jurnalistik

Mengkaji sistem dan hukum media massa yang berlaku di Indonesia. Materi bahasan menyangkut latar belakang filosofi tentang ketentuan hukum dan kode etik jurnalistik, UU Pers, UU Penyiaran, KUHP.

03. Bahasa Jurnalistik

Memberikan wawasan teoritis dan praktis agar mahasiswa menguasai tata bahasa Indonesia yang baik dan benar,cara penulisan berita, feature, tanda baca dan tipografi, dll. Di samping itu, mahasiswa diharapkan menguasai penggunaan bahasa baku pada produk/karya jurnalistik dan menyusun kalimat efektif.

04. Dasar-Dasar Fotografi

Memberikan wawasan teoritis dan praktis mengenai metode pemotretan, meliputi cara menggunakan kamera, karakteritis kamera dan teknik pengambilan foto, (kecepatan,rana,pencahayaan,dsb )

05. Jurnalistik Foto

Membahas konsep, prinsp-prinsip proses dan teknik-teknik produk foto sebagai karya jurnalistik, baik berdiri sendiri maupun sebagai penunjang pemberitaan.

06. Teknik Reportase

Memberikan keterampilan peliputan peristiwa dan pendalaman isu aktual melalui pengamatan langsung ke lapangan/tempat kejadian perkara, wawancara, dan studi literatur

07. Teknik Wawancara

Pengertian wawancara, jenis-jenis wawancara, serta persiapan, pelaksanaan, dan penulisan (transkip) hasil wawancara serta teknik penulisan atau penyajiannya.

08. Teknik Penulisan Berita

Pengertian berita, unsur-unsur berita (5W+1H), anatomi atau struktur tulisan berita, jenis-jenis berita, dan etika pemberitaan.

09. Teknik Penulisan Feature

Pengertian feature, karakteristik, jenis-jenis feature, anatomi feature, penulisan lead, dan gaya bahasa khas feature.

10. Teknik Penulisan Artikel

Pengertian artikel, jenis-jenis, struktur tulisan, kualifikasi penulis, teknis penulisan, menggali ide, pengembangan ide, dll.

11. Teknik Penyuntingan Naskah (Editing)

Pengertian editing, aspek teknis dan nonteknis, syarat redaktur, penguasaan bahasa, pemahaman visi-misi media, dan editorial policy.

12. Manajemen Media & Redaksi

Memberikan wawasan tentang kiat mengelola sebuah media baik divisi redaksi maupun marketing –proses pendirian, perencanaan, pengorganisasia, pelaksanaan, dll. Landasan filosifis manajemen redaksi, newsplaning, newshunting, newswriting, news editing, struktur organisasi redaksi, job description.

13. Manajemen Pemasaran Media

Positioning, target audience, strategi pasar modern dan trasional/konvensional, pembinaan agen, reward and punishment agency, inkaso, dll.

14. Jurnalistik Radio I

Memberikan pemahaman tentang karakteristik dan sifat radio siaran serta sifat pendengar radio siara.Disamping itu juga memberikan pengetahuan teoritis dan praktis mengenai dasar-dasar jurnalistik radio siaran,langkah-langkah dan teknik-teknik yang harus dilakukan seorang reporter radio dalam mencari, memburu, meliputi, melaporkan/menulis naskah berita, baik yang bersifat formal (terjadwal) maupun nonformal (kejadian yang tidak terjadwal, seperti kecelakaan, demonstrasi). Mahasiswa juga dibekali dengan perencanaan program radio komersial, jaringan dan sindikat, program musik, berita, diskusi dan talk show, olah raga, dsb.

15. Jurnalistik Radio II

Mata kuliah ini membatasi pada beberapa aspek pengetahuan teknik reportase siaran khusus,perbedaan reportase siaran,cetak berbagai bentuk penyajian reportase serta olah-raga.Disamping itu juga memberikan pemahaman tentang wawancara radio,voice,report,news insert. Majalah udara. feature, laporan serta teknik penilisan naskah radio. Prasyarat : Jurnalis Radio I

16. Jurnalistik Radio III

Memberikan pemahaman dan pengenalan musik,efek suara rekaman,editing sert melatih mahasiswa untuk memproduksi media radio siaran,mulai dari tahap perncanaan, produksi, hingga editing. Di samping itu, sebelum memproduksi suatu media radio siaran, mahasiswa diberikan pengetahuan teoritis mengenai pengaruh /dampak media radio siaran terhadap masyarakat, khususnya yang menyangkut industri budaya yang dilakukan oleh media radio siaran. Dengan bekal pengetahuan teoritis tersebut,diharapkan mahasiswa mampu memberikan analisis yang kritis terhadap kemungkinan pengaruh (budaya, nilai, norma) yang terjadi pada khalayak sasaran media radio siaran. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diwajibkan memproduksi (porfolio) suatu karya media radio siaran. Prasyaratan: Jurnalistik Radio II

17. Jurnalistik TV I

Memberikan pemahaman tentang karakteristik dan sifat televisi siaran serta sifat khalayak televisi. Pengetahuan teoritis dan praktis mengenai dasar-dasar jurnalistik televisi siaran,langkah-langkah dan teknik-teknik yang harus dilakukan oleh seorang repoter televisi dalam mencari,memburu,meliputi,melaporkan /menulis naskah berita,baik yang bersifat formal (terjadwal)maupun non formal (kejadian yang tidak terjadwal,seperti kecelakaan,demonstrasi,dll). Mahasiswa juga dibekali dengan manajemen produksi,manajemen penyiaran,perencanaan program televisi komersial,jaringan dan sindikat,program musik,berita (Tv news production),diskusi dan talk show,olah-raga,dsb. Prasyaratan : Dasar-dasar Jurnalistk

18. Jurnalistik TV II

Mahasiswa diperkenalkan pada dasar-dasar teknik pertelevisian,teknik peralatan (VTR dan Editing,Audio,Lighting,kamera,dll),computer dan TV Grapich serta teknik operasional studio & SNG. Disamping itu mahasiswa juga diberikan wawasan tentang komposisi,motivasi visual mode dan camera work. Prasyaratan : Jurnalistik Televisi I

19. Jurnalistik Online (CyberMedia)

Karekteristik jurnalisme online, manajemen media online, penulisan naskah untuk media online, bahasa media online, dll.

20. Desain Grafis – Membahas masalah desain media massa (cetak) meliputi setting/lay out, perwajahan, ilustrasi, pemilihan huruf, penentuan kolom, dll.

21. Magang

Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untyk mempraktikan pengetahuan profesi jurnalistik dan menggali pengalaman kerja di lembaga/industri media massa.

Demikian visi, misi, dan manajemen perkuliahan jurusan jurnalisik yang saya gali dari berbagai sumber, plus pengalaman dan idealisme saya demi kemajuan dunia jurnalistik. Semoga posting ini menjadi kontribusi pemikiran bagi para pengelola jurusan jurnalistik di perguruan tinggi mana pun, terutama perguruan tinggi Islam. Wallahu a’lam. (www.romeltea.com).*

Dapatkan Posting Terbaru via Email Anda! It’s Free!
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi, trainer, dan konsultan media. Profil lengkap di menu "My Profile". Karya tulis (buku) di menu "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romeltea

3 Comments

  1. ISMA LINDA

    March 7, 2014 at 4:30 pm

    saya sangat tertarik dg jurusan jurnalistik, tetapi saya tidak menyukai bidang wartawan, saya lebih menyukai reportase. menurut anda apakah hal ini tidak akjan membuat saya menyesal jika saya mengambil jurusan ini??

    • romeltea

      March 7, 2014 at 6:51 pm

      reportase itu bagian dari aktivitas wartawan, wartawan itu bagian dari dunia jurnalistik. bagaimana mungkin suka reportase tapi tidak suka wartawan? reportase itu tugas utama wartawan. kalau ragu, jangan lakukan, silakan pilih jurusan lain saja yang dirasa mantap sepenuh hati…

  2. santi

    December 26, 2010 at 10:32 am

    kira-kira universitas yg bagus yg ada jurusan jurnalistiknya dimana ya mas ?

    (*) Hampir semua Universitas ada, biasanya di Fikom (Fakultas Ilmu Komunikasi), FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), atau Jurusan Ilmu Komunikasi – Konsentrasi Jurnalistik. Unpad, UIN, UGM, dll.

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>