Jenis-Jenis Content Creator

  • Whatsapp

Memahami pengertian dan jenis-jenis content creator akan membantu kita menentukan jenis konten yang akan dibuat untuk berbagai tujuan. Pembuat konten hakikatnya seorang komunikator yang menyampaikan pesan kepada audiens.

content creator

Saat ini kita dengan mudah menemukan berbagai informasi. Kehadiran internet melahirkan halaman website atau aplikasi (app) berisi ragam informasi. Internet menjadi sumber utama informasi berkat para content creator (konten kreator) atau pembuat konten.

Pembuat konten kini ada di mana-mana! Mereka adalah orang-orang yang membuat video di YouTube, menulis blog, membuat video TikToks viral, dan berbagi sekilas tentang kehidupan sehari-hari mereka.

Pembuat konten ini tahu cara membangun merek pribadi secara online dan membagikannya kepada dunia. Anda juga bisa menjadi pembuat konten dengan mudah!

Saat Anda menulis di blog, menulis status update di media sosial, atau sekadar membagikan foto kejadian yang Anda temui di perjalanan, maka Anda sudah menjadi content creator.

Baca Juga

Pengertian Content Creator

Istilah content creator baru muncul dan populer di era internet, sebagaimana istilah konten (content) yang baru akrab dengan kita di era internet sekarang.

Konten sendiri artinya isi –dalam hal ini isi website atau isi internet berupa informasi. Formatnya bisa berupa teks (tulisan), gambar (foto), suara (audio), dan video atau gabungan semuanya (multimedia).

Per definisi, content creator adalah seseorang yang menghasilkan tulisan, audio, video, atau gambar untuk tujuan menyampaikan informasi, mendidik, menghibur audiens, atau mempromosikan sebuah merek produk.

Seorang content creator bertanggung jawab untuk menghasilkan informasi tertulis, audio, atau visual untuk platform pemasaran konten, seperti media sosial atau blog.

Konten yang mereka buat bisa menarik perhatian pengunjung atau pejalan kaki yang sebelumnya tidak tertarik dengan merek. Tetapi setelah melihat kontennya, mereka mengembangkan minat tertentu dan mengunjungi halaman web Anda atau pegangan media sosial Anda. (Digital Marketing)

Pembuatan konten adalah kontribusi informasi ke media apa pun dan terutama media digital untuk pengguna akhir/audiens dalam konteks tertentu.

Blogger, penerbit online, penulis buletin, podcaster, YouTuber, pembuat kursus, streamer video game, dan pemberi pengaruh media sosial semuanya termasuk dalam wadah “pembuat konten”.

Untuk menjadi pembuat konten, kita membutuhkan ide dan pengetahuan, bersama dengan percikan kreativitas.

Keterampilan lain dapat membantu. Jika Anda berencana untuk memproduksi konten tertulis, maka menjadi penulis yang hebat akan membantu.

Jika Anda mengeluarkan podcast, pengalaman mengedit audio menguntungkan. Tapi, keterampilan produksi dapat dipelajari atau disewa.

“Siapa pun yang memiliki konten untuk dibagikan dan kemauan untuk belajar sepanjang jalan dapat menjadi pembuat konten yang sukses”. (Card Setter)

konten website

Tiga Generasi Konten Kreator

Konten dipublikasikan melalui sebuah media. Kehadiran pembuat konten pun dimulai bersamaan dengan hadirnya media massa.

Saat ini, content creator atau pembuat isi media online merupakan pembuat konten generasi ketiga, setelah para “insan media” (wartawan, penyiar, presenter) dan para  jurnalis warga (citizens journalist).

Dengan demikian, content creator bisa diklasifikasikan menjadi tiga generasi:

  1. Pekerja media (wartawan, penyiar, presenter) yang membuat konten untuk media cetak dan penyiaran. Praktisi humas dan pemasar (marketer) termasuk generasi ini.
  2. Jurnalis warga yaitu orang biasa (bukan wartawan) yang membuat konten untuk media.
  3. Warganet (warga internet) atau netizen (internet citizen)  yaitu pengguna internet aktif khususnya pengguna media sosial, termasuk blogger, vlogger (youtuber), dan podcaster.

Saat ini banyak media internet yang hanya berupa “wadah”. Kontennya dibuat oleh para pengguna internet. Contohnya media sosial.

Jenis-Jenis Content Creator

Setelah menyegarkan pemahaman tentang pengertian content creator dan generasinya, berikut ini kita bahas jenis-jenis pembuat konten.

Ada empat jenis content creator: networker, speaker, writers, visualizer. Klasifikasi ini khususnya dalam konteks pemasaran konten (content marketing)

Pemasaran konten bukanlah pendekatan yang asing bagi sebagian besar pembaca. Ia telah banyak digunakan di, dan di sekitar, profesi pemasaran.

Lanskap teknologi yang mendukung pemasaran konten mungkin tampak menakutkan karena banyaknya pilihan perangkat lunak dan saluran media.

Namun, mengidentifikasi jenis pembuat konten dapat mulai meningkatkan produksi konten Anda, sambil secara alami memuji aspek lain dari bisnis Anda.

Berikut ini jenis-jenis content creator yang saya kutip dari Guide PR.

1. The Networker (Penggiat Jaringan)

Para penggiat jejaring merasa paling nyaman ketika berbaur dengan individu-individu yang berpikiran sama yang memberikan aliran ide, anekdot, dan spekulasi. Mereka tak henti-hentinya bekerja untuk mengembangkan jaringan profesional mereka, seperti pepatah lama menjelaskan:

“Bukan apa yang kamu tahu, tapi siapa yang kamu kenal”

Secara sederhana, penggiat jejaring dapat didefinisikan sebagai tipe pembuat konten yang menganggap berbagi pelajaran dan ajaran sebagai kesempatan yang tak ternilai.

Mereka selaras dengan gagasan bahwa memperluas jangkauan profesional adalah keterampilan praktis.

2. The Speaker (Pembicara)

Pembicara paling betah ketika berbicara tentang apa yang mereka ketahui. Mereka menikmati setiap kesempatan untuk berbagi pengetahuan mereka dengan orang lain dan biasanya komunikator verbal yang sangat jelas dan pandai berbicara.

Jenis pembuat konten ini akan sangat cocok untuk pemasaran video karena keterampilan berbicara mereka yang luar biasa. Anda memerlukan keterampilan public speaking untuk tipe konten kreator ini.

3. The Writer (Penulis)

Ini mungkin yang paling jelas dari keempat jenis content creator, terutama mengingat Anda sedang membaca konten penulis sekarang!

Sebagai pembuat konten, mereka menemukan bahwa menulis adalah metode komunikasi yang paling mudah dan dapat dengan mudah menulis ratusan kata dalam waktu yang singkat.

Saat membantu bisnis dengan kebutuhan pemasaran konten mereka, mereka hanya perlu didorong untuk duduk dan mengetik kata-kata yang dapat menggambarkan aspek apa pun yang mungkin perlu dikomunikasikan oleh perusahaan.

Manfaat untuk jenis pencipta ini adalah bahwa kata yang ditulis secara digital dapat dibagikan di hampir semua platform online.

4. The Visualiser (Visualisator) ️

Visualiser yaitu individu yang menggunakan gambar untuk menjelaskan dan memahami suatu konsep. Pembuat konten ini dapat mengubah semua jenis konten yang ada menjadi gambar yang jelas yang menyampaikan pesan yang jelas kepada pemirsa.

Dalam istilah bisnis, mereka menggambar setiap ide konseptual yang tertanam dalam apa yang coba ditawarkan perusahaan, sehingga mereka dapat secara konsisten mengekspresikan merek secara optik.

Itu dia jenis-jenis content creator. Anda bisa menjadi networker, speaker, writer, atau visualiser.  Salah satunya mungkin merupakan kekuatan alami bagi Anda, atau mungkin Anda mengidentifikasikan diri dengan keempat tipe kreator.

Saatnya kita menjadi content creator agar tidak hanya menjadi konsumen atau jadi target para pembuat konten. Wasalam.*

Simak Video Cara Menjadi Content Creator Berikut Ini!

 

Artikel Terkait

Leave a Reply